Mengapa Perencanaan Pembelajaran Penting? Fungsi, Manfaat, dan Urgensinya


Untuk perencanaan pembelajaran, ada beberapa hal penting yang perlu dipahami. "Perencanaan" berhubungan dengan merencanakan kegiatan secara terarah untuk mencapai tujuan tertentu, sedangkan "pembelajaran" melibatkan proses komunikasi antara guru dan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan.

Menurut Ragan & Smith (1992), perencanaan pembelajaran melibatkan proses sistematik untuk menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran ke dalam desain materi dan aktivitas pembelajaran. Ini mencakup membuat rangkaian atau persiapan untuk kegiatan pembelajaran dengan prinsip-prinsip dan tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

Fungsi, Manfaat, dan Urgensi Perencanaan Pembelajaran

Fungsi Perencanaan Pembelajaran

Perencanaan pembelajaran memiliki peran sentral dalam pengelolaan, membantu mencapai target secara efisien dan tepat waktu, serta memberikan kontrol yang lebih baik selama pelaksanaannya. Secara umum, perencanaan pembelajaran berfungsi sebagai panduan untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai dengan tujuan yang telah disepakati, efektif dan efisien. Ini juga membantu guru mengidentifikasi dan memperbaiki kelemahan serta memanfaatkan kelebihan dari program pembelajaran yang digunakan, meningkatkan kualitas pengajaran.

Baca Juga : Jurusan Gizi Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Indonesia yang Sudah Akreditasi A

Manfaat Perencanaan Pembelajaran

Perencanaan pembelajaran yang baik menjadi kunci bagi proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Manfaatnya meliputi:

  • Membimbing kegiatan menuju pencapaian tujuan.

  • Menyediakan kerangka dasar untuk mengatur tugas dan tanggung jawab semua pihak yang terlibat.

  • Menjadi panduan bagi guru dan siswa dalam proses pembelajaran.

  • Alat pengukur untuk mengevaluasi ketepatan dan kecepatan dalam melaksanakan pekerjaan.

  • Mendukung pengelolaan data dengan lebih seimbang.

  • Menghemat waktu, tenaga, biaya, dan sumber daya.

Urgensi Perencanaan Pembelajaran

Sebagai profesional, guru bertanggung jawab untuk merencanakan pembelajaran dengan baik sebagai bagian integral dari tugas pendidikan mereka. Perencanaan pembelajaran tidak hanya sebagai alat bantu melainkan sebagai kewajiban untuk mencapai tujuan secara efisien, tepat waktu, dan memberikan kontrol yang lebih baik selama proses pembelajaran


Author : Subkhi Mashadi


Sumber : https://www.kompasiana.com/najmahbanu7680/668a2f4334777c15ab20b025/perencanaan-pembelajaran-fungsi-manfaat-dan-urgensi
Sumber img : https://pin.it/3mZrgoyFj


Lebih baru Lebih lama