Jurusan Kuliah Paling Dibutuhkan di Era Industri 4.0 Menurut Kemendikbud

 

Universitas di Jogja - Pandangan untuk memilih jurusan kuliah yang relevan dengan era Industri 4.0 semakin penting. Persaingan pekerjaan semakin ketat, dengan kebutuhan akan keterampilan baru yang relevan dengan perkembangan zaman. Berikut adalah 4 jurusan kuliah yang lulusannya sangat dibutuhkan di era Revolusi Industri 4.0 menurut Kemendikbud:

1. Bisnis Digital

Jurusan bisnis digital mempersiapkan sumber daya manusia untuk menguasai bidang startup digital dan marketplace. Materi perkuliahan mencakup manajemen, e-commerce, teknik informatika, sistem informasi, dan hukum bisnis. Lulusan memiliki peluang kerja sebagai manajer akun digital, analis bisnis digital, koordinator bisnis digital, dan ahli bisnis digital.

2. Artificial Intelligence dan Teknik Robotika

Program studi ini fokus pada integrasi antara robotika dan kecerdasan buatan untuk menghasilkan sistem yang otonom atau cerdas. Materi meliputi matematika, fisika dasar, teknologi informasi, desain, aplikasi robotika, pemrograman dasar, dan kecerdasan buatan. Lulusan dapat bekerja sebagai peneliti, insinyur robotika, software engineer, dan data scientist.

3. Cyber Security

Jurusan ini mempelajari cara melindungi berbagai bidang industri dan data dari serangan dunia maya. Materi meliputi cyber forensic, struktur data, pemrograman, coding, dan uji penetrasi jaringan. Lulusan dapat bekerja sebagai Analis Forensik Komputer, Arsitek Big Data, Analis Keamanan, dan Pejabat Intelijen Cyber.

4. Matematika Statistik

Profesi data scientist sangat dibutuhkan di era digital saat ini. Jurusan ini mencakup ilmu aljabar linear, rancangan percobaan, metode survei sampel, dan analisis regresi. Lulusan dapat bekerja sebagai pegawai bank, peneliti pasar, data scientist, analis anggaran, dan analis sistem.

baca juga : Jurusan Gizi Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Indonesia yang Sudah Akreditasi A


Dengan memilih salah satu dari jurusan-jurusan ini, diharapkan lulusan dapat menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang di era Industri 4.0.


sumber : https://blog.maukuliah.id/4-jurusan-kuliah-yang-paling-dibutuhkan-di-era-industri-4-0-menurut-kemendikbud/

sumber img : https://www.freepik.com/free-photo/business-teamwork-success-concept_1211511.htm#fromView=search&page=1&position=6&uuid=22d305f2-356e-4d34-8206-30442cc3955d


Lebih baru Lebih lama