Universitas di Jogja Menarik Perhatian Dunia, 8 Universitas Luar Negeri Ini Buka Program Studi Bahasa Indonesia


Seorang alumnus Universitas Lampung (Unila), Ivanna Zakiyah, menjadi viral setelah membagikan pengalamannya sebagai dosen Bahasa Indonesia di Harvard University, Amerika Serikat, melalui akun media sosial X (sebelumnya Twitter) @sbmptnfess, Minggu (29/10/2023). "Universitas Harvard belajar bahasa Indonesia??????" tulis pengunggah.

Ivanna adalah salah satu penerima beasiswa Fulbright FLTA (Foreign Language Teaching Assistant). Dia aktif mengobservasi kelas Bahasa Indonesia di Harvard Faculty of Arts (South Asian Studies) dan terus belajar cara mengajar BIPA dari dosen pengampu Bahasa Indonesia di Harvard, Sakti.

Namun, bukan hanya Harvard University yang menawarkan program studi dan mata kuliah Bahasa Indonesia. Ternyata ada banyak universitas di luar negeri yang juga membuka jurusan ini. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Harvard University

   Departemen South Asian Studies di Harvard University, Amerika Serikat, membuka mata kuliah Bahasa Indonesia. Kerja sama dengan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membantu menyediakan pengajar yang dikirim ke Harvard. Program ini memperluas edukasi tentang bahasa dan budaya Asia Tenggara, khususnya Indonesia.

2. Hankuk University of Foreign Studies

   Hankuk University of Foreign Studies di Korea Selatan menyediakan program studi Bahasa Indonesia. Universitas ini bahkan memiliki dua departemen yang mengajarkan bahasa Indonesia, dengan dukungan penuh dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Seoul.

3. Tokyo University for Foreign Studies (TUFS)

   TUFS memiliki program studi Bahasa Indonesia yang memiliki reputasi kuat di bidang riset mengenai kajian bahasa dan isu internasional, dengan fokus pada pengajaran preposisi dan tata bahasa kepada mahasiswa.

4. University of Melbourne

   University of Melbourne di Australia menawarkan program studi Bahasa Indonesia di bawah Faculty of Arts. Kedekatan geografis dan politik antara Indonesia dan Australia membuat universitas ini menjadi tempat populer untuk mempelajari bahasa Indonesia.

5. Leiden University

   Leiden University di Belanda, yang memiliki kedekatan historis dengan Indonesia, membuka program studi Bahasa Indonesia di bawah Faculty of Humanities, School of Asian Studies.

6. University of Hawaii at Manoa

   University of Hawaii at Manoa menyediakan program studi Bahasa Indonesia di bawah Department of Indo-Pacific Languages and Literatures, dengan program ini menjadi salah satu yang populer di kampus tersebut.

7. SOAS University of London

   SOAS University of London di Inggris menawarkan prodi Indonesia Studies yang dapat dikombinasikan dengan program studi lain, memungkinkan mahasiswa mendapatkan gelar di dua bidang.

8. Yale University

   Yale University di Amerika Serikat menawarkan program studi Kajian Bahasa Indonesia atau Indonesia Language Studies. Program ini terbagi dalam beberapa tingkatan dan diajarkan oleh tenaga pengajar asli Indonesia. Universitas lain di Amerika Serikat yang juga memiliki program ini termasuk Johns Hopkins University, Arizona State University, dan Columbia University.

Dengan semakin banyaknya universitas luar negeri yang menawarkan program studi Bahasa Indonesia, reputasi bahasa dan budaya Indonesia di mata dunia semakin meningkat. Ini juga menunjukkan bahwa universitas-universitas di Jogja, seperti Universitas Lampung, telah berhasil melahirkan alumni berkualitas yang mampu berkontribusi di kancah internasional.

sumber : https://campuspedia.id/news/wajib-tahu-inilah-8-universitas-luar-negeri-yang-membuka-prodi-dan-mata-kuliah-bahasa-indonesia/ sumber img : https://www.freepik.com/free-photo/multiethnic-group-young-cheerful-students-walking_7570746.htm#fromView=search&page=1&position=36&uuid=e5a27db0-9eb4-480c-9b85-7c5b09979c24


Lebih baru Lebih lama