UAJY ADAKAN WORKSHOP KURIKULUM DALAM RANGKA PERSIAPAN PEMBUKAAN FAKULTAS KEDOKTERAN

Untuk mempersiapkan visitasi pembukaan Program Studi Kedokteran Program Sarjana dan Program Pendidikan Profesi Dokter Program Profesi, Fakultas Kedokteran UAJY mengadakan workshop kurikulum di Ruang Diskusi Kampus II UAJY pada Selasa, 2 April 2020. Rektor UAJY, Dr. G. Sri Nurhartanto, S.H., LL.M., bersama dengan rekan-rekannya, menghadiri visitasi awal secara langsung.

Selain itu, tim pakar kedokteran yang terdiri dari Ketua Konsil Kedokteran (KKI) Prof. Dr. dr. Hardyanto Soebono, SpKK(K), Rektor Universitas Respati Yogyakarta (UNRIYO), Prof. dr. Hari Kusnanto Josef, Sp.KKLP, Dr.PH, Guru Besar Bidang Kardiologi dan Kedokteran Vaskular FK KMK UGM, Prof. Dr. dr. Lucia Kris Dinarti, Sp.PD, Sp.JP(K), Departemen Biostatistik, Epidemiologi, dan Kesehatan

Untuk menilai kesiapan FK UAJY untuk visitasi dari BAN PT, workshop ini diadakan. Untuk mengatasi masalah ini, Dekan FK UAJY Dr. dr. FX. Wikan Indrarto Sp.A memimpin tim kurikulum untuk menyelesaikan 10 RPS Program Sarjana Kedokteran dan 5 RPS untuk Sarjana Profesi Dokter. Menurut laporan tersebut, tim kurikulum telah membentuk empat tim khusus: tim kurikulum, tim RPL, tim asesmen, dan tim modul. Mereka akan terus mengumpulkan masukan dari para ahli untuk menilai kekurangan kurikulum yang telah dirancang.

Salah satu keunggulan FK UAJY adalah "Promotif Preventif Gizi Komunitas", yang tidak ditemukan di universitas lain. Menurut dr. Billy Brilliandi, visi FK UAJY adalah menghasilkan sarjana kedokteran yang berintegritas, unggul, inklusif, humanis, dan berwawasan global dalam penanganan kesehatan melalui pemerataan pelayanan kesehatan dan SDM dokter di seluruh Indonesia.

Untuk memecahkan masalah gizi komunitas seperti stunting, obesitas, defisit mikronutrien, dan anemia ibu hamil sebagai tantangan masyarakat Indonesia, dibutuhkan intervensi holistik dengan integrasi pengetahuan kesehatan lingkungan dan sumber daya alam. Billy mengatakan, "Kami berharap siswa kami yang akan lulus nanti dapat kembali ke daerah asalnya untuk melayani masyarakat dalam terang kebenaran."

Sumber:
https://www.uajy.ac.id/id-id/berita/uajy-adakan-workshop-kurikulum-dalam-rangka-persiapan-pembukaan-fakultas-kedokteran

Lebih baru Lebih lama