Mengulang Mata Kuliah di Universitas di Jogja: Bukan Hanya Karena Nilai Jelek, Ini Penyebab Lainnya


Bagi mahasiswa baru di universitas di Jogja, pengalaman awal perkuliahan seringkali menjadi sesuatu yang sangat baru dan menarik. Salah satu momen yang mungkin kamu alami adalah ketika melihat seorang kakak tingkat (kating) tiba-tiba hadir di kelasmu. Ketahuilah, besar kemungkinan kating tersebut sedang mengulang mata kuliah (matkul).

Kenapa Ada Kating yang Mengulang Mata Kuliah?

Hal pertama yang harus kamu lakukan ketika melihat 'impostor' di kelas adalah bersikap biasa saja. Jangan dilihati terus, karena mereka bukan tontonan. Wujud asli 'impostor' itu biasanya adalah (1) mahasiswa yang iseng masuk kelas lain atau (2) kating yang sedang mengulang mata kuliah.

Di universitas di Jogja, ada yang disebut dengan "mengulang mata kuliah". Ini semacam remedial atau perbaikan, namun bedanya remedial ini harus dilakukan selama satu semester penuh atau sampai mahasiswa tersebut lulus mata kuliah yang diulangnya.

Penyebab mahasiswa mengulang matkul bisa bermacam-macam, mulai dari nilai yang di bawah standar hingga kesalahan yang dibuat terhadap dosen. Penyebab-penyebab ini biasanya dijelaskan dalam buku pedoman akademik kampus atau jurusan masing-masing. Berikut adalah beberapa alasan umum kenapa mahasiswa di universitas di Jogja harus mengulang mata kuliah:

1. Banyak Absen

   Jangan banyak bolos jika tidak ingin mengulang suatu matkul. Biasanya, pada satu matkul, seorang mahasiswa hanya bisa izin absen maksimal tiga kali. Lebih dari itu, konsekuensinya adalah harus mengulang matkul di masa mendatang.

2. Nilai Jelek

   Nilai yang jelek sudah sewajarnya perlu diperbaiki alias harus remedial. Mengulang matkul menjadi salah satu kesempatan yang diberikan kampus untuk memperbaiki nilai.

3. Membuat Masalah

   Tidak mengerjakan tugas, membuat kesalahan terhadap dosen, atau masalah di kelas bisa berujung pada hukuman untuk mengulang mata kuliah. Sebagai mahasiswa, penting untuk bertanggung jawab dan bersikap baik.

4. Tidak Ikut Ujian

   Ini jelas: jika tidak ikut ujian, maka mahasiswa tidak akan mendapatkan nilai. Tanpa nilai, mahasiswa tidak bisa lulus.

Jika Sudah Terlanjur Kejadian, Harus Bagaimana?

Mengulang mata kuliah di universitas di Jogja bukanlah sesuatu yang memalukan. Kejadian ini jarang terjadi kecuali jika seorang mahasiswa memang sudah keterlaluan (setidaknya, di beberapa jurusan tertentu). Namun, jika kamu memang harus mengulang matkul tertentu, jalani saja dengan sebaik-baiknya dan jangan lupa untuk melakukan beberapa hal berikut ini:

1. Minta Ujian Ulang

   Ada dosen yang berbaik hati memberi kesempatan untuk mengulang ujian. Jadi, jika tahu nilai akhir jelek dan belum di-submit ke sistem, coba minta ujian ulang daripada harus mengulang mata kuliah.

2. Ambil Lagi Mata Kuliahnya

   Segera kontrak ulang matkul begitu melihat nilai akhir di bawah standar. Jangan ragu untuk mengambil kembali matkul tersebut.

3. Cari Informasi dari Adik Tingkat

   Tidak semua mata kuliah yang harus diulang langsung tersedia di semester berikutnya. Rajin-rajin cari informasi, terutama ke adik tingkat yang mungkin belum atau baru akan mengambil mata kuliah tersebut.

4. Ambil di Semester Akhir

   Jika mata kuliah yang harus diulang bukan syarat untuk matkul lain, magang, atau skripsi, ambil saja di semester 7 atau 8 supaya jadwal tidak terlalu padat.

5. Tetap Percaya Diri

   Tidak perlu malu jika harus bergabung di kelas dengan adik tingkat. Tetap percaya diri dan belajar dengan baik agar tidak mengulang lagi.

Mengulang mata kuliah bukanlah akhir dari segalanya. Justru, ini bisa menjadi kesempatan untuk lebih mengenal adik tingkat dan memperdalam pemahaman materi tersebut. Jadikan pengalaman ini sebagai pelajaran berharga dalam perjalanan akademismu di universitas di Jogja. *

sumber: https://campuspedia.id/news/mengulang-mata-kuliah-bukan-hanya-karena-dapat-nilai-jelek-ini-penyebab-lainnya/ sumber img: https://www.freepik.com/free-photo/cheerful-group-young-students-sitting-studying_7730009.htm#fromView=search&page=1&position=0&uuid=e5a27db0-9eb4-480c-9b85-7c5b09979c24


Lebih baru Lebih lama