Mahasiswa STP AMPTA Yogyakarta Akan Adakan Kegiatan Pengabdian Masyarakat di Dewi Kampus

Satu kelompok mahasiswa dari STP AMPTA Yogyakarta mengunjungi Desa Wisata Tepus. Minggu, 12 Mei 2024, Anda akan disambut di sekretariat Desa Wisata Tepus. Semua enam siswa berasal dari berbagai tempat, salah satunya adalah Sifa dari Kalimantan yang menceritakan alasan kedatangan mereka. Menurutnya, tujuan utama kami adalah untuk mendapatkan informasi tentang berbagai aspek keberlangsungan dan pengelolaan Desa Wisata Tepus. Kunjungan ini merupakan bagian dari tugas UAS dalam mata kuliah semester IV. Setelah itu, akan ada program pengabdian masyarakat yang akan memberikan kontribusi untuk kemajuan Desa Wisata Tepus.

Selama wawancara dan diskusi dengan pengelola Desa Wisata Tepus, fokus penelitian mereka adalah beberapa topik utama, seperti:

1. Alasan Wisata
Lihat masalah apa yang dihadapi Desa Wisata Tepus dalam mengelola daya tarik wisatanya.

2. Keyakinan
Tim juga mengevaluasi fasilitas seperti homestay, toilet, restoran, tempat ibadah, parkir, dan fasilitas penunjang pariwisata lainnya. Mereka juga mengevaluasi ketersediaan fasilitas dan sejauh mana pemenuhan sarana dan prasarana tersebut dapat mendukung kenyamanan wisatawan.

3. Aspek Teknologi
Aspek digital dalam pengelolaan desa wisata juga menjadi perhatian tim, seperti penggunaan media informasi dan komunikasi untuk mempromosikan dan meningkatkan daya tarik wisata Desa Wisata Tepus.

4. Organisasi dan Tenaga Kerja
mengevaluasi struktur kelembagaan dan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang digunakan dalam pengelolaan desa wisata ini, serta sejauh mana hal-hal ini mendukung keberlangsungan operasional dan pengembangan desa wisata.

5. Ketahanan
Fokus terakhir tim adalah resiliensi, yaitu bagaimana pengelolaan desa wisata ini dapat berkelanjutan dengan memperhatikan masalah lingkungan dan memiliki manajemen risiko yang baik untuk menghadapi kesulitan di masa depan.

Pengelola Desa Wisata Tepus dengan senang hati memberikan penjelasan tentang kondisi di desa wisata tersebut. Mereka berharap kerja sama yang menguntungkan dapat dilakukan di masa mendatang. Apabila diberi kesempatan untuk membantu pengelolaan desa wisata ini, mahasiswa siap membantu. Untuk melanjutkan penelitian mereka dan memberikan rekomendasi yang lebih rinci tentang kontribusi apa yang harus dilakukan, mereka berencana untuk melakukan kunjungan tambahan ke Desa Wisata Tepus. Mahasiswa kemudian pergi ke Pantai.

Tim mahasiswa ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam menjaga, mengembangkan, dan memajukan Desa Wisata Tepus serta mempromosikan keberagaman budaya dan potensi wisata yang ada di Kalurahan Tepus.

Sumber:
https://desatepus.gunungkidulkab.go.id/first/artikel/3997-Mahasiswa-STP-AMPTA-Yogyakarta-Akan-Adakan-Kegiatan-Pengabdian-Masyarakat-di-Dewi-Kampus-
Lebih baru Lebih lama