7 Tips Jitu Membuat Deskripsi Diri di CV Lebih Menarik


Di era digital yang serba cepat ini, memiliki Curriculum Vitae (CV) yang menarik dan profesional adalah kunci untuk menarik perhatian perekrut. Salah satu bagian terpenting dalam CV yang seringkali diabaikan adalah deskripsi diri. Deskripsi diri memberikan gambaran singkat tentang siapa Anda, apa yang Anda kuasai, dan apa yang Anda cari dalam karier. Ini adalah kesempatan Anda untuk membuat kesan pertama yang kuat. Berikut adalah tujuh tips menulis deskripsi diri di CV agar lebih menarik dan kekinian.

Apa Itu Deskripsi Diri?

Deskripsi diri adalah ringkasan yang menggambarkan informasi penting tentang diri Anda yang dibutuhkan oleh perekrut. Bagian ini sangat singkat, hanya terdiri dari 3–4 kalimat, namun harus mampu menggambarkan pendidikan, keahlian, pengalaman profesional, dan tujuan karier di masa depan.

Mengapa Deskripsi Diri Penting?

Deskripsi diri memberikan informasi tentang diri Anda kepada perekrut, membantu mereka mempertimbangkan apakah Anda sesuai dengan posisi dan budaya perusahaan. Selain itu, deskripsi diri juga menunjukkan keunikan Anda dibandingkan pelamar lainnya. Pastikan untuk menghindari kalimat klise atau umum

Tips Menulis Deskripsi Diri

1. Fokus Pada Skill

   Menulis deskripsi diri seperti menyampaikan kesesuaian diri Anda dengan posisi yang dilamar. Tonjolkan keahlian yang Anda miliki, terutama bagi fresh graduate yang minim pengalaman. Jika Anda memiliki sertifikat keahlian, sampaikan yang paling relevan.

2. Sampaikan Pencapaian yang Paling Relevan

   Pencapaian Anda mungkin banyak, tapi tidak semuanya perlu diceritakan di deskripsi diri. Pilih yang paling relevan agar poin penting tidak terlewatkan karena terlalu banyak informasi.

3. Padat dan Ringkas

   Langsung ke intinya. Kalimat yang panjang dan bertele-tele cenderung diabaikan. Sampaikan poin-poin penting secara jelas dan informatif untuk menarik perhatian perekrut.

4. Hindari Berbohong

   Menonjolkan keahlian tidak perlu sampai berbohong. Perekrut berpengalaman dapat mendeteksi kebohongan dengan mudah. Lebih baik kembangkan skill dan keahlian daripada berbohong.

5. Hindari Membuat Pernyataan Umum

   Menulis CV memang tidak mudah, tetapi hindari menggunakan kalimat umum atau klise. Pilihlah contoh yang baik dan sesuaikan dengan tulisan Anda.

6. Minta Review dan Perbaiki

   Tunjukkan CV Anda kepada teman atau ahli di bidangnya untuk mendapatkan masukan. Jangan ragu untuk memperbaiki CV berdasarkan koreksi yang diberikan.

7. Selalu Di-update

   Selalu perbarui CV Anda sesuai dengan perkembangan skill dan pengalaman terbaru. Jangan gunakan CV yang sama untuk bidang pekerjaan yang berbeda. Pastikan CV relevan dengan posisi yang dilamar.

Contoh Deskripsi Diri di CV

- Customer Service dalam Bahasa Inggris

  Lena adalah lulusan baru dari Bachelor of Communication di Universitas Negeri Surabaya. Dia memiliki banyak pengalaman di bidang hubungan masyarakat dan media sosial grafis. Keahlian yang dimilikinya dapat menciptakan komunikasi interpersonal yang menarik dan baik. Dia pernah magang di layanan pelanggan, sehingga bisa memberikan layanan dan membangun komunikasi yang baik dengan konsumen.

- Perawat

  Saya adalah lulusan baru perawat dengan pengalaman di rumah sakit sebagai perawat di klinik gawat darurat. Saya memiliki keterampilan seperti NGT, infus, trige, dan tindakan lainnya. Selain itu, saya dapat berkomunikasi dengan rekan kerja maupun pasien.

- Apoteker

  Saya adalah seorang apoteker dengan pengalaman selama 3 tahun. Saya memiliki pengalaman dalam pengelolaan obat dan Bahan Medis Habis Pakai (BMHP). Saya juga memberikan pelayanan swamedikasi serta pelayanan resep. Saya bermaksud menambah pengalaman serta meningkatkan karier lebih lanjut sebagai apoteker.

baca juga : Universitas Alma Ata Tempati Peringkat Lima UniRank Wilayah DIY

Sudah tahu kan cara menulis deskripsi diri di CV? Ingat, jadilah jujur dan jelaskan sesuai dengan diri Anda. Bagi Anda yang sedang menempuh pendidikan atau baru lulus dari universitas di Jogja, terapkan tips ini untuk membuat CV Anda lebih menarik dan profesional.

sumber : https://blog.maukuliah.id/7-tips-jitu-bikin-deskripsi-diri-di-cv-kamu-makin-menarik/


Lebih baru Lebih lama